Hi, selamat datang di Blog Sir Jim, media berbagi Guru dan Murid.

Friday, October 22, 2021

Belajar dari Alam - Mengenal Tanaman Selada dan Sawi

Pekan ini adalah pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Jenjang SD tepatnya kelas I dan II.
Topik pada minggu ini adalah tentang Literasi Belajar dari Alam - Mengenal Tanaman Selada dan Sawi. 
Kegiatan dimulai dengan diberikannya Petunjuk Teknis oleh Guru didalam kelas. Petunjuk ini diberikan sebagai kesepakatan bersama Guru dan Peserta Didik pada saat belajar di luar kelas.


Selepas pengambilan kesepakatan bersama, Guru mendampingi peserta didik untuk turun ke Lantai 1 sebagai tempat untuk proses pembelajaran inti. 


Sebelum proses penanaman tanaman selada dimulai, Guru membagikan Polybag yaang telah diberikan label nama Peserta Didik. Hal ini dilakukan agar peserta didik dapat bertanggungjawab dalam menanam dan merawat tanamannya kelak. 


Selepas dibagikan Polybag oleh gurunya, para peserta didik ini langsung mengajak Gurunya untuk segera menanam tanaman selada dan sawi. Pada proses penanamannya, ternyata banyak peserta didik yang jijik memegang tanah. Guru dengan senang hati menjelaskan bahwa hal tersebut tidak masalah jika kita tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setelah berkegiatan.
Akhirnya para peserta didik mulai mengisi polibag masing masing. Ada yang berusaha cepat, ada pula yang masih ragu ragu dalam memegang tanahnya.





Kegiatan pengisian Polybag ini tetap dibimbing oleh guru agar anak dapat mengikuti kegiatan dengan bermakna.

Keseruan yang mulai terlihat ketika proses pengisian tanah, tiba tiba dikejutkan dengan ditemukannya cacing oleh salah seorang anak. Sontak hal ini membuat anak lain mulai berlarian sambil berteriak antara kegirangan dan ketakutan yang menyatu.


Hal ini dimanfaatkan oleh Guru untuk menjelaskan bahwa cacing adalah mahluk hidup yang juga dibutuhkan dalam membuat tanah subur. Sebagai manusia, kita juga harus menghargai keberadaan mahluk hidup lainnya. Hal ini membuat peserta didik menjadi mulai berani mencari cacing untuk dimasukkan dalam polybag mereka, harapannya tanahnya gembur dan subur.

Hal tersebut semakin menambah keseruan mereka dalam proses pembelajaran hari ini.

Tak lupa, setelah polybag berisi media tanam tanah, Guru membagikan bibit tanaman sembari menjelaskan Tanaman Selada dan Sawi. Biji tanaman yang kecil, membuat anak harus ekstra hati-hati dalam menjaga bibit tanaman yang telah dibagikan. Hal ini membuat anak anak bertanggungjawab dan berkomitmen dalam menyelesaikan setiap prosesnya. Kegiatan diakhiri dengan ditanamnya bibit tanaman selada dalam polybag. Tidak lupa anak anak berdoa mengucap syukur dan berharap agar tanaman selada segera tumbuh dan subur.




Semangat belajar dan Merdeka dalam Belajar.
Salam Sekolah Penggerak








1 comment:

Featured Post

Perekam Google Meet Tanpa Instal

 Klik Tombol Berikut untuk mulai merekam Klik Tombol diatas Petunjuk Penggunaan Jangan Lupa setelah diklik, ada pilihan Pilih Audio Sistem P...